Rekomendasi 5 HP Paling Laris di Indonesia Versi IDC

Share:

Lembaga riset IDC mengungkap lima handphone dengan angka shipment atau pengapalan paling tinggi sepanjang kuartal ketiga 2020. Berikut adalah daftarnya.

5. Realme C11

4. Vivo Y12

3. Vivo Y12i

2. Oppo A53.

1. Oppo A12

Selain itu pada Q1-2020 juga beberapa Brand Smartphone ini yang menguasai pasar.

Berikut Top-5 Brand di Indonesia

Lima besar brand smartphone di Indonesia untuk periode Januari-Maret 2020 menurut IDC adalah Vivo, Oppo, Samsung, Xiaomi, dan Realme.

Vivo menjadi pemimpin pasar untuk pertama kalinya pada Q1-2020 dengan berfokus pada kegiatan pemasaran dan berbagai kegiatan promosi untuk smartphone kelas low-end dan midrange, yang sangat sesuai untuk pasar Indonesia yang sadar harga.

Menduduki posisi dua pada kuartal-3 dan kuartal-4 tahun lalu, Vivo berhasil menduduki posisi nomor 1 pada kuartal-1 tahun ini dengan market share sebesar 27.4%.

Pemimpin kuartal sebelumnya, Oppo, sekarang mendiami posisi kedua. Oppo terus mengirimkan seri A-nya, yang merupakan penggerak volume pada Q1-2020, disamping mendiversifikasikan jajaran smartphonenya menjadi seri high-end.

Meskipun ini memberikan pasar produk yang lebih bervariasi, menurut IDC, label harga pada model-model ini menyulitkan jumlah besar untuk dijual di pasar.

Pemimpin pasar Indonesia selama 6,5 tahun sebelum digeser Oppo, Samsung, memperbarui lini produknya dan terus menjadi salah satu pemain top di pasar Indonesia dengan seri Galaxy A yang terjangkau. Namun, IDC mencatat pengiriman produk perusahaan berkurang akibat adanya gangguan pada pasokan.

Berhasil mengkudeta Samsung di India, Xiaomi di Indonesia menduduki posisi keempat. IDC mengatakan brand tetap memiliki fanbase yang kuat dan terus memiliki beragam model yang terjangkau di pasar yang menarik bagi konsumen.

Di posisi buncit Top 5, ada Realme yang terdampak akibat pandemi, menyebabkan pengirimannya menurun di Q1-2020. Kendati demikian, Realme tetap kompetitif dengan memperkenalkan berbagai produk baru ke pasar dan meningkatkan kehadiran di pasar online menggunakan inisiatif pemasaran digital.

No comments